Thursday, August 01, 2019

IKEA_Ikon produk dan gaya hidup Swedia : Merubah Gaya Hidup lewat Desain

IKEA. Mungkin kau kenal sebagai Produk perabotan dan perkakas andalan Swedia. Namun sebenarnya IKEA bukanlah sekedar Produk. IKEA adalah gambaran gaya hidup dan filosofi hidup orang Swedia. Membeli produknya, mau tak mau, kau akan mengikuti gaya hidupnya. Dan menurutku disitulah keberhasilan sebuah desain produk. Merubah Gaya Hidup!. 

Disini terlihat kreatifitas orang Swedia. Bagi mereka, produk yang dihasilkan harus Murah, berkualitas dan efektif. Dan tercermin dari produk-produknya. Kau bisa ukur kemudahan hidup yang kau dapatkan saat menggunakan produknya. Bukan sekedar  merek,  namun lebih menawarkan gaya yang lebih efektif dan efisien. 

IKEA selalu dalam bentuk galery produknya. Berkunjung ke galerinya, juga di ajak untuk menikmati gaya hidup Swedia, perabotannya, makanannya dan juga cara budaya Swedia. 

Kalau kau takut menyerupai suatu kaum, ku sarankan berpikir ulang lah(hehehe). 
Kenapa? karena ada hal- hal positif dari desain yang merubah gaya hidupmu. 

Contoh yang paling sederhana, meja pantry/dapur bersih. 
Siapa sih yang gak suka dapur bersih modern yang sudah menjadi style dunia? Penyimpanan yang praktis, ruang gerak yang efisien dan mudah dibersihkan. Bandingkan dengan dapur tradisional Indonesia. Kadang berjongkok, berasap kayu, dan berakhir membersihkan tumpukan piring kotor yang menghitam. Aku ingat betul masa-masa menggunakan dapur tradisonal itu. Menghabiskan banyak waktu. Kadang aku berprasangka buruk, mengapa dulu perempuan kita dilarang keluar rumah, biar ada yang urus dapur. Sekarang, Hey...dunia jauh berubah bukan?. Dua jam waktu memasak, bisa jadi 15 menit. 












Nah, perubahan gaya hidup juga ada di soal Kamar mandi dan toilet. Kamar mandi yang terbaik adalah yang kering. Sehingga bakteri dan jamur sulit berkembang biak. Lihat lah tata ruang kamar mandinya yang apik ini. Pindahin tempat tidur pun bisa sangkin kamar mandi ini di desain untuk tetap bersih. Tetap bersih lo!. 















IKEA selalu menyediakan Galery untuk produknya. Susuna desain perabotnya berikut biaya perabotnya. Sangat mudah di aplikasikan. Kalau di Indonesia, IKEA akan terkesan mahal karena nilai rupiah kita. Tapi jika kau sebagai warga Eropa, IKEA adalah produk murah dengan jaminan kualitas yang OK punya.
Pernah aku  jalan-jalan ke Spanyol dan , kadang kau akan bertemu orang-orang homeless yang menggunakan produk selimut IKEA. Bayangin, klo di Indonesia dirimu bertemu pengemis pake selimut bermerk IKEA?. (Kira-kira Kamu bakal ngasih receh ato kasih cek aja?...hihihi)



Di Lobby  IKEA kau akan menemukan berbagai jenis Toilet sesuai kebutuhan. wkwkw...bingung kan?. Aku liput khusus tentang toilet ini. 
Jadi kalau kau menemukan berbagai jenis toilet di IKEA, sebenarnya bukan tanpa alasan lo..
Swedia sangat egaliter terhadap kesetaraan gender. Kalau kau melihat keseharian mereka, perempuan dan laki-laki tidak ada beda dalam hal membesarkan anak. Nah,  hal itu ditunjukkan sampai ke toilet umumnya. Urusan bersih-bersih popok bayi, disediakan untuk khusus laki-laki maupun khusus perempuan. Dan kalau kedua orang tua, saling kerjasama ngurusin bayi. tersedia toilet family.
tuh kan...coba klo di Indonesia, Kau temukan Ruang Ibu menyusui, tapi tak pernah menemukan ruang Bapak Menyusui. Di kehidupan rumah tangga, saat bayi wangi, dipegang Bapak, ketika Bayi  Pup...pasti urusan si Emak. 
Hal itulah yang menunjukkan negeri kita ini...tidak setara gender, mulai hal terkecil. Urusan Pup bayi!. 


Nah, IKEA menyediakan foodcourt untuk pengunjung yang sudah letih berkeliling.  Makanan khas Swedia di pajang menggiurkan. Kau harus disiplin  antri saat membeli. Kenapa? ada dengan pembatas stainless yang di desain dengan alur antrian. Mau tak mau kau harus antri, atau tidak akan dilayani. Setelah selesai makan pun, kau harus membersihkan sendiri meja makan mu. Ada rak perkakas kotor yang disediakan bagi yang selesai makan. Ini adalah pesan budaya Swedia:  displin dan bertanggung jawab,  disampaikan lewat desain bangunan IKEA.
.
Swedia punya budaya minum kopi sore hari, namanya Pika. Orang Swedia adalah pengopi berat. Meski kondisi geografisnya tidak memungkinkan tumbuh tanaman kopi, tapi produk kemasan Kopi dari seluruh dunia bisa kau temukan dengan mudah di swalayan dekat rumah. Demikian juga dengan teknologi mesin Kopinya. Buanyaaak!.

Kawan Ngopi yang khas Swedia adalah roti kayu manis gulung. Enak banget, tapi aku lupa namanya. Aku selalu memilih kue itu jika minum kopi IKEA.
Gila Ngopi ini, juga menunjukkan kebiasaan mereka untuk berkumpul, dan berdiskusi. Kebiasaan Ngopi sejalan dengan kesadaran politik di Swedia yang tinggi. Kenapa? Ngapain coba ngopi dan berkumpul klo cuma diam aja. Gak enak kan?. mending mager dirumah aja. Jadi budaya ngopi Swedia juga menggambarkan bagaimana gaya hidup bersosial mereka.

Ah ya....Air minum. Di sini mereka gak suka air mineral. lebih suka air soda. Awalnya aku merasa tak terbiasa. Tapi minum air soda ternyata membuat badan lebih hangat dan berenergi. Cocok dengan cuaca Swedia, yang membuat mu selalu bawa jaket kemanapun.Semodis apapun baju mu, kau terpaksa menutupinya dengan Jaket. Dingin euy!.

Nah, begitulah cerita tentang Desain yang bisa merubah Gaya Hidup. Menjadi lebih bersih, lebih sehat, lebih efisien dan melek politik. Kau masih takut menyerupai suatu Kaum? :D.

#IKEA #desain #gayahidup #swedia #penapera

No comments: