Sunday, August 19, 2018

Memilih Olahraga yang baik

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat
Kutipan itu terekam sejak kecil, membuatku selalu memperhatikan keseimbangan tubuh dan jiwa. Kesimpulanku bahwa jiwa dan tubuh saling terkait saling mempengaruhi. 

Selalu menyediakan waktu untuk olahraga diantara kesibukan keseharian. Selalu menyediakan waktu untuk siraman rohani, diatara padatnya kerja, selalu menyediakan kegiatan sosial diatara keinginan untuk meningkatkan kemampuan diri. 

berhubung Asian games, berikut deretan olah raga yang kugeluti. 

1. Sepeda
Ini olah raga paling asyik. Bisa sendiri saja, tanpa harus bersama kawan buat ngebut. Dulu di Sidikalang setiap sore aku suka naik sepeda. Melintasi jalan berbukitnya diwarnai langit yang lembayung. Asyiik banget bersepeda dan menikmati alam sendirian. Belakangan olahraga ini jarang kulakukan, karena kemudian aku harus berjilbab, dan rasanya jadi lebih males aktiftias olah raga keluar. Betis ku juga jadi lebih besar, meski memang bawaan bentuk tungkai kaki ya :D. tapi ya itu...lama-lama jadi enggan. Sepeda itu masih ada. Emakku pakai ke pasar tradisional dekat rumah. 

2. Badminton
Masa ku tumbuh, Susi Susanti itu populer banget. Badminton seperti olahraga andalan Indonesia. atlit yang menjuarai nya selalu jadi idola. kalau ada event olah raga, juara badminton selalu ditunggu aksinya. Memang asyik olahraga ini. Ringan, bergerak tangkas, serta strategi. Aku suka sore-sore bermain ini di jalan raya yang sepi depan rumah. Pernah sampai malam pun karena lagi serunya main bersama tetangga. Belakangan tak kumainkan lagi. Kelemahan olahraga ini, kalau gak ketemu kawan bermain. Gak semua orang suka olahraga bukan?.

3. Aerobik
Senam aerobik. Wajib setiap 2 kali seminggu oleh Emakku yang memang instruktur Aerobik. Aku ikut aja klo dipaksa Ibuku olaharaga ini. Sampai dibelikan baju olahraganya segala. Sangat energik dan penuh musik. Lucunya olahraga ini tak pernah berhasil membuatku berkeringat banyak :D. mana gerakan ku selalu tak pas..wkwkw...masalah minat dan mood jadi masalah disini. 

4. Renang
Ini olahraga yang paling ingin ku kuasai. Tapi lama baru bisa. Soalnya guru dan fasilitas belajarnya kurang. Rumah dulu dekat bendungan Sidikalang. Sekali kali saat kekurangan distribusi air bersih aku dan adikku pergi mencuci pakaian kesana. tapi tak sempat belajar berenang. keburu takut dengan banyak cerita korban tenggelam disana. Setelah usia 30an tahun baru bisa belajar di kolam renang. baca buku dan dituntun. Ini lah olah raga yang kupelajari pakai baca buku..heheheh. Alhamdulillah bisa. seneng banget bisa berenang, walau gayanya cuma bisa satu. Olahraga ini sangat bagus, membuat konsentrasi,fokus, pernapasan dan rendah cedera. sayangnya...gak enaknya, kaporit air kolam bikin kulit gosong. dan termasuk olahraga mahal juga. jadi belakangan kuhindari. Demi penampilan wajah yang cling dari salon hehehe

5. Karate
Mandiri bagiku penting. Dan untuk mandiri, aku harus mampu beladiri. Karate kupilih karena ketemu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Karate di biro rektor, belajar gratis setiap sore 3 kali seminggu. Setidaknya aku belajar teknik melindungi diri. Alhamdulillah sampai ban Kuning. kenapa tidak sampai ban hitam?. kesibukan kuliah dan kemudian UKM itu kurang berkembang lalu padam. sayang sekali. padahal aku suka instrukturnya...eh? :D

6. Senam dan Yoga
Pada akhirnya olahraga yang paling rutin adalah Yoga. Senam tanpa panduan yang tepat membuat bagian tubuhku kurang memuaskan. Apalagi selera makanku yang pernah begitu medominasi, walhasil gendut terutama di bagian punggung dan perut. Stres benar dengan timbunan lemak itu. kemudian aku lihat adikku begitu asyik dengan yoga, dan hasilnya cepat sekali. kucoba...wew
enak juga olahraga yoga ini. Keseimbangan antara gerak dan nafas penting. Dampaknya terasa sekali setelah sebulan sampai 3 bulan rutin dilakukan 20 menit. Terutama pada wajah jadi terlihat lebih segar. Bagian perut mengecil. Puas banget lah. Tak perlu banyak bergerak untuk keringat yang bisa membuat bajuku diperas. 

7. Jalan Sehat
Nah..olah raga yang satu ini, sekalian silaturrahmi sebenarnya. Karena tahun 2016 muncul komunitas KFJS. tempat favoritnya adalah Taman Biro Rektor USU. Kampus ternyata segar sekali saat pagi hari. Melihat hijauan di sejuk pagi sambil berdiskusi hal ringan sepanjang jalan. Sehat jiwa sehat rohani. 

Apapun olahragamu, yang penting sehat. Sehat Jiwa Sehat Rohani.

Selamat dan Sukses Asian Games 2018
Bangga Indonesia :)




No comments: