Thursday, August 07, 2014

Dongeng Matahari


Matahari..
kau berjanji selalu terbit dari timur
aku ingin percaya itu

***
aku ingin percaya semua akan baik-baik saja
perlahan demi pencarian makna 
satu persatu kan bagai bunga
mekar disana 
wangi disini
berbuah disana
manis disini
semua berlomba menjadi lebih baik

aku masih ingin percaya itu
sampai di masa ini
aku mulai goyah
betapa riuh 
suara kengerian
suram kegelapan
dan 
pilu kekejaman
semua kisah adalah luka
merasa dikhianati
merasa tersakiti
amarah,
putus asa,
kebencian

semua meledak dalam satu waktu 
bagai persimpangan dari segala pelosok
berpadu

aku berduka 
aku berkabung
untuk kematian rasa kemanusiaan
dari para sobat yang kukira terdidik
kukira berilmu
benarlah 
homo hominilupus!

lagi-lagi aku memang sendiri
sahabat setia itu bernama sepi
dan cukuplah sepi 
pelipurku saat ini

***
kututup buku dongeng masa kecil ku
didongeng itu ibuku pernah bercerita:
tanda-tanda kiamat
adalah kala matahari terbit dari barat.


No comments: