Monday, October 09, 2017

Rahasia Keuangan TRMB

Pertama, mulai gemukkan kantong uangmu. Berapa pun Anda memperoleh penghasilan selama satu periode, ambil sepersepuluhnya dan simpan untuk diri sendiri dan masa depan keluarga. Gunakan sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan penting lain. Jika dapat menyimpan lagi dari sembilan bagian penghasilan tanpa menurunkan kualitas hidup, itu lebih baik karena simpanan akan semakin cepat berkembang. Aturan ini sangat sangat mendasar, namun berapa banyak orang yang mengikuti saran ini?
Kedua, kontrol pengeluaranmu. Jangan sembrono ketika membeli sesuatu bahkan jika Anda punya cukup uang untuk membelinya. Sebaliknya, pastikan bahwa Anda dapat terus menyimpan sepersepuluh dari apa yang Anda hasilkan. Nah, apa yang terjadi dewasa ini? Berapa banyak orang membeli barang yang akan dibayar dengan penghasilan di masa depan? Saya kira jumlahnya akan sangat besar.


Ketiga, putar uang simpanan Anda agar menghasilkan uang. Nasihat ini cukup jelas: tabungan Anda seharusnya tidak hanya disimpan di bawah kasur. Selanjutnya, jangan gunakan uang hasil investasi, tetapi investasikan lagi sehingga uang hasik investasi akan menghasilkan uang juga.
Keempat, jaga investasi agar tidak hilang. Dalam TRMIB dikisahkan bagaimana simpanan Arkad pernah hilang ketika ia menitipkan uangnya kepada temannya yang bekerja sebagai tukang batu yang akan mencoba peruntungan dengan berdagang batu mulia. Artinya, kalau memercayakan uang, maka carilah yang berpengalaman di bidangnya dan dapat dipercaya. Kalau Anda berinvestasi di saham atau instrumen portofolio lain, waspadai rekomendasi pialang sebab mereka mengutamakan komisi mereka daripada melayani kepentingan Anda.
Kelima, buat rumah Anda sebagai investasi yang menguntungkan. Inti dari nasihat ini adalah sedapat mungkin orang memiliki rumah sendiri. Selain meningkat nilainya rumah akan memberi kenyamanan kepada seluruh anggota keluarga. Selain itu, rumah bisa menjadi basis usaha. Ketika membuat atau membeli rumah, Anda hendaknya tetap hidup dalam sarana Anda.
Keenam, buat jaminan penghasilan di masa depan. Poin dalam nasihat ini adalah bahwa orang hendaknya tetap hidup nyaman setelah tidak lagi bekerja. Caranya adalah dengan menghimpun simpanan atau aktiva yang dapat memberikan hasil yang dibutuhkan untuk membiayai diri sendiri semasa pensiun dan keluarga Anda sepeninggal Anda.Dalam hal ini rumah atau real estate lain merupakan pilihan yang bagus.
Ketujuh, tingkatkan kemampuan Anda untuk memperoleh penghasilan. Dikisahkan dalam poin ini bahwa sebagai juru tulis Arkad selalu belajar untuk menjadi juru tulis terbaik. Dia terus berupaya meningkatkan minat pada pekerjaan, lebih konsentrasi ketika mengerjakan tugas dan lebih gigih dalam berusaha. Dengan demikian maka nilai layanannya menjadi lebih mahal. Dikisahkan pula bahwa karena kualitas tersebut dan kejujurannya Arkad diminta untuk mengelola properti orang lain, pekerjaan yang semakin menggemukkan kantung uangnya. Intinya, bekerja di bidang apa pun, Anda perlu meningkatkan diri agar dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik. Selain itu orang harus mempelajari keterampilan atau pengetahuan yang mendukung pekerjaannya.


No comments: