Sunday, October 16, 2011

Rara Mendut : Perempuan Ibarat Keris


Perempuan ibarat Keris.

Inilah analogi yang paling tersirat dalam kisah ini. Keris bagi orang Jawa adalah simbol kehormatan dan kesaktian. Dirawat khusus, dibelai khusus, denganpenuh penghormatan, dan sekaligus diperalat. Begitu pulalah kondisi perempuan yang dianggap cantik di masa menjelang redupnya kekuasaan Mataram. Perempuan adalah simbol kehormatan. Karenanya, ketika perempuan milik seorang penguasa diganggu, maka sama saja dengan menghancurkan kehormatan si penguasa. Seperti keris, yang dikoleksi karena keampuhan dan kesaktiannya, perempuan juga di koleksi. Dijadikan deretan benda yang bisa digunakan kapan saja. Dipamerkan saat ingin dikagumi. Perempuan...persis seperti Keris. tanpa mampu memiliki kehendaknya sendiri.

Buku Rara Mendut adalah novel trilogi. Terdiri dari riwayat hidup Rara Mendut, Genduk duku dan Lusi Indri. Ketiganya adalah perempuan, tiga generasi dengan kondisi sosial yang sama terhadap perempuan. Rara Mendut, adalah gadis pantai yang diperistri penguasa. Berteman dengan Genduk Duku yang kemudian mengagumi keteguhannya dalam lingkungan Istana memasung kebebasan. Lusi Indri adalah anak Genduk Duku. ketiganya hidup diantara penguasa Mataram yang menjadikan mereka dan kaum perempuan ibarat Keris.

Apa yang diperjuangkan oleh ketiganya hanyalah satu hal: kebebasan berkehendak.
Dalam kisah novel ini, contoh kehendak klasik yaitu: memilih pasangan hidup. Bukan ditentukan oleh orang tua, di tundukkan oleh penguasa, ataupun pada maut sekalipun.

Setiap manusia (perempuan/laki-laki) memimiliki kehendak dan cita-cita. Apapun itu... layak diperjuangkan. Meski sesederhana apapun cita-cita itu.
Bagi Rara Mendut, Genduk Duku dan Lusi Indri... kehendak mereka memberi pengaruh bagi sekitarnya, bahwa perempuan bukanlah keris...tapi Manusia. Yang bisa memilih dan bukannya dipilih.

hmm...nasib perempuan Istana di jaman ini benar-benar bikin miriiiis. :(

2 comments:

helvry said...

wah,,,sepertinya menarik nih kak bukunya :)

peranita said...

kayaknya, buku ini cocoklah untuk helvry...
coba aja